Hanya aku yang tahu isi hatiku…

Buat apa kita puasa?

“kenapa emang harus puasa?”

deg…seingatku jarang ada orang menanyakan itu kepadaku, lebih-lebih dari seorang anak umur 4 tahun yang ingin tahu kenapa dibulan Ramadhan orang-orang libur makan dan minum. Remeh memang, tapi aku memang harus benar-benar memutar otak agar tidak salah memberi jawaban. Aku pernah membaca bahwa umur2 segitu (balita) adalah masa dimana ingatan mereka benar-benar kuat menyerap sesuatu, dan akan dibawanya hingga dewasa.

soalnya…
“Puasa, puasa sebulan penuh puasa…
Puasa, puasa Ramadhan bulan mulia…
Puasa, puasa wajib bagi yang beriman…
puasa, puasa sebetulnya menyehatkan…
Jadi, puasa itu biar kita sehat. Sama aja kaya dede kalo terus-terusan maen, lari-larian ga istirahat, cape kan? lama-kelamaan sakit deh. Perut juga gitu, harus istirahat. kalo terus-terusan makan ga ada istirahatnya bisa sakit.”
Aku berusaha menjelaskan dengan menyanyikan lagu bimbo walau aku tahu benar suaraku terdengar seperti radio butut yang sudah saatnya di LemBiRu. Aku berusaha mencari jawaban yang paling mudah dicerna anak seumuran dia.
Dia termenung sambil menatapku, seakan benar-benar mengerti apa yang aku jelaskan.
“Aku juga mau puasa, engga makan dengan minum. kuat aku sampe jam 6” wajahnya tampak serius saat mengatakan keinginannya untuk puasa. Aku tersenyum…senang rasanya ketika adikku ingin puasa tanpa disuruh ataupun dipaksa, hanya karna peduli lingkungannya.
“yaudah, berarti dede ga boleh makan dengan minum ya…kuat emang?”
“kuat!” katanya penuh rasa bangga. Aku pun semakin bangga melihatnya.

5 menit kemudian…

“teh minta uang seribu, aku mau jajan”
“Loh, katanya dede mau puasa, tapi jajan.”
“iya aku puasa. kan engga makan, engga minum. tapi aku mau jajan, kan engga puasa jajan mah”
hahaha…seketika aku dibuat terbahak-bahak oleh malaikat kecil itu. Dia semangat ingin puasa karna malas makan, tapi untuk urusan jajan…tidak ada malas, jadi ya tidak ada istilah puasa jajan. hehe…

One response

  1. Ada anak bertanya pada bapakany.. buwat apa berlapar-lapar puasa….
    Kata Bimbo…

    August 24, 2010 at 5:20 pm

Leave a Reply

