Hanya aku yang tahu isi hatiku…

Beramal itu mudah kok…

Pernah merasa kurang nyaman dengan para pengamen jalanan yang semakin hari semakin banyak? mulai dari bapak2 yang hanya bisa memainkan kunci C dan G pada gitar hingga bocah-bocah yang lebih memilih dijalanan daripada sekolah. Mmm…aku ralat, mereka dijalanan karna keadaan katanya, walau sebenarnya sekarang sekolah gratis dimana-mana.
Atau merasa risih disetiap sudut kota dimanapun kita berada akan selalu ada “pengemis” walaupun pemerintah sudah melarangnya. ya…itu pekerjaan termudah yang bisa menyelamatkan hidup ketika seseorang tidak memiliki modal untuk berwiraswasta dan tidak memiliki keahlian untuk bekerja.
Tolong…jangan merasa risih atau tidak nyaman. Bersyukurlah kita tidak diposisi mereka. Dan jangan jadikan peraturan sebagai alasan kita untuk tidak berbagi rezeki dengan mereka.
“peraturannya kan ga boleh tau, jadi ngapain kita ngasih?”
atau…
“jangan dibiasain, tar mereka mala keenakan.makin banyak aja tuh pengamen sm pengemis dijalanan.”
bahkan…
“kalo sekali dua kali sih gapapa, tapi klo terus-terusan? kerasa juga tau. sehari seribu, klo berhari-hari?”

Pernah terlintas pikiran-pikiran seperti itu? atau pernah mendengar orang bicara begitu pada kita?
Tolong…mereka hanya berusaha bertahan hidup kok. apalah arti uang seribu jika Allah menjanjikan sepuluh ribu, seratus ribu, bahkan lebih untk kita? biarlah pemerintah memberlakukan peraturannya, karna memang itu tugas mereka agar negara kita ini tertib, dan tidak jadi “negara pengemis”. Tapi selama mereka masih ada, dan menyodorkan tangannya, tidak ada salahnya bukan kita memberi? disaat kita memang benar-benar tidak punya, senyum saja dan katakan “maaf”. kurasa mereka akan lebih mengerti dan tidak mengeluarkan kata-kata yang kasar. inget loh, senyum juga ibadah kan?

Yang penting jangan perhitungan dan jangan pernah mengingat apa saja yang pernah kita beri pada orang lain, keluarin aja, mudah kan? begitu kata dosenku…

Mudah sih, semoga semudah dalam prakteknya ya…amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s