Hanya aku yang tahu isi hatiku…

Oleh2 dari Bogor (Part 1)

Tes..! tanpa sadar air mataku menetes saat sedang mewawancarai seorang ibu, warga desa cibeber II kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor.
Sangat ringan sebetulnya pembicaraanku dengannya, seputar kehidupannya sehari-hari. Tapi ternyata, masalah mereka tak seringan yang kusangkakan. Jauh lebih rumit dari thesis yang kususun berbulan-bulan. Bukan hanya beliau, ada beratus-ratus ibu yang bernasib sama dengannya.

“bisa makan kalo ngutang. dibayarnya kalo gajian. dan gajiannya cuma 10 ribu sebulan”
“bisa minum kalo minta dari sumur tetangga, karna air dirumah hanya bisa dipake nyuci dan mandi”

Ahh….

Disaat aku sibuk dengan facebook dan blog, mereka bahkan tak punya cahaya untuk menerangi rumah mereka.
Disaat aku sibuk mencari suasana baru untuk berlibur dan menghabiskan uang, mereka sibuk mencari apa yang bisa mereka lakukan agar mendapat uang.
Disaat aku menyisakan makanan karena rasanya yang tidak enak, mereka sibuk mengantri “penjatahan raskin”.
Disaat aku menghabiskan uang untuk hal-hal yang tak penting, mereka sibuk mengantri “pembagian BLT”.

Ya Allah…entah apa rencanamu terhadap mereka. Tapi jika aku boleh meminta, tolong…ringankan sedikit beban mereka ya Allah. Amin…

Semoga tulisan ini dapat mengingatkan aku dan teman-temanku.

One response

  1. Amiin… Semoga….
    Guru-guru kita semacam beliau lah yang tanpa disadari memberi banyak Ilmu pada kita, meskipun (mungkin) tanpa sedikitpun terbersit dalam diri kita

    February 25, 2010 at 1:12 pm

Leave a Reply

