Hanya aku yang tahu isi hatiku…

Makna Pemerintahan

(Tinjauan dari segi Etika dan Kepemimpinan)

Penulis : Muhammad Ryaas Rasyid


Tugas-tugas pokok pemerintahan

Tujuan utama dibentuknya pemerintahan adalah untuk menjaga suatu system ketertiban didalam mana masyarakat bisa menjalani kehidupannya secara wajar. Pemerintahan modern, pada hakekatnya, adalah pelayanan kepada masyarakat. Pemerintahan tidaklah diadakan untuk melayani dirinya sendiri, tetapi untuk melayani masyarakat, menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya demi mencapai kemajuan bersama. Oleh karena itu, secara umum tugas-tugas pokok pemerintahan mencakup tujuan bidang pelayanan :

Pertama, menjamin keamanan Negara dari segala kemungkinan serangan dari luar, dan menjaga agar tidak terjadi pemberontakan dari dalam yang dapat menggulingkan pemerintah yang sah atau mengancam integritas Negara melalui cara-cara kekerasan.

Kedua, memelihara ketertiban dengan mencegah terjadinya gontok-gontokan di antara mwarga masyarakat, menjamin agar perubahan apapun yang terjadi didalam masyarakat dapat berlangsung secara damai.

Ketiga, menjamin diterapkannya perlakuan yang adil kepada setiap warga masyarakat tanpa membedakan status apapun yang melatarbelakangi keberadaan mereka.

Keempat, melakukan pekerjaan umum dan memberi pelayanan dalam bidang-bidang yang tidak mungkin dikerjakan oleh lembaga non pemerintah, atau yang akan lebih baik jika dikerjakan oleh pemerintah.

Kelima, melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesejahteraan social : membantu orang miskin dan memelihara orang-orang cacat, jompo dan anak-anak terlantar, menampung serta menyalurkan para gelandangan ke sector kegiatan yang produktif, dan semacamnya.

Keenam, menerapkan lebijakan ekonomi yang menguntungkan masyarakat luas, seperti mengendaliakn laju inflasi , mendorong penciptaan lapangan kerja baru, memajukan perdagangan domestic dan antar bangsa, serta kebijakan lain yang secara langsung menjamin peningkatan ketahanan ekonomi Negara dan masyarakat.

Ketujuh, menerapkan kebijakan untuk pemeliharaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup, seperti air, tanah, dan hutan. Pemerintah juga berkewajiban mendorong kegiatan penelitian dan pengembangan untuk pemanfaatan sumber daya alam dengan mengutamakan keseimbangan antara ekploitasi dan reservasi.

Buku ini membahas tentang paradigma pemerintahan, Etika dalam praktek pemerintahan, karakter kepemimpinan, kualitas dalam kepemimpinan pemerintahan, dan masih banyak lagi. Yang jelas buku ini bagus dibaca untuk yang ingin memperdalam ilmu pemerintahan dan kepemimpinan. Semoga bermanfaat.

3 responses

  1. annas: pertimbanggnya, dari thari jumat-minggu libur, jadi weekend lah, nah kalo kita ngadainnya hari sabtu, karena hari minggu bisa dimnafaatin untuk mereka rekreasi dan atau siap2 balik ke tempat asal, kan seninnya ngantor lagih

    February 26, 2009 at 1:06 pm

  2. Wiwid

    saya bisa pesan bukunya gak?

    March 21, 2010 at 8:46 pm

  3. seni

    mba wiwid, maaf aku cuma punya satu.kalo mau, tar tak photocopy-in bagian yg diperluinnya.gimana?

    March 22, 2010 at 8:21 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s