Hanya aku yang tahu isi hatiku…

HARUS BISA ! seni memimpin á la SBY

Penulis : Dr. Dino Patti Djalal

Tak henti-hentinya aku mengucapkan “Subhanallah” setelah membaca buku catatan harian Dr. Dino ini, Juru bicara presiden SBY selain Andi Malarangeng. Tanpa melihat pro-kontra masyarakat terhadap seluruh kebijakannya hatiku bergetar selama membaca buku ini, benar-benar luar biasa. Sesaat setelah selesai kubaca, bukan hanya keteguhan, ketegasan, dan kesabarannya sebagai seorang pemimpin saja, aku benar-benar dibuat kagum akan kepribadiannya sebagai hamba Allah. Subhanallah…

Buku ini benar-benar membuatku merasa dekat dengan kehidupan presiden SBY. Setiap proses pengambilan keputusan yang ditulis di buku ini membuatku merasa tegang, menunggu keputusan ajaib apa yang akan keluar dari mulut presiden SBY, presiden yang selalu menggunakan nalurinya dalam mengambil setiap keputusan.

Sempat aku dibuat merinding lalu berdecak kagum ketika kubaca : Mantan Perdana Mentri Australia John Howard menilai bahwa SBY adalah “the best President in the history of Indonesia”. Ah…sungguh, beliau semakin membuatku bangga menjadi warga Indonesia. Memiliki pemimpin yang Nasionalis dan Internasionalis menurut kaca mata Dr. Dino.

Presiden SBY selalu menantang para staf-nya untuk “think outside the box” ketika menghadapi setiap masalah. Terbukti, menurut catatan Dr. Dino begitu banyak keputusan beliau yang sangat Brilliant yang tak pernah terfikirkan oleh orang lain bahkan dalam keadaan terdesak sekali pun. Satu kalimat yang selalu diucapkan beliau dan membuatku malu karma sering kali berputus asa, yaitu “Setiap masalah ada jalan keluarnya, setiap konflik ada solusinya, setiap krisis mengandung peluang”

Aku tak pernah peduli siapapun manusianya yang menjadi pemimpin negeri ini. Tak peduli dia orang Jawa, Sunda, Bali, Sulawesi, Papua. Tak peduli dia dari partai besar atau kecil. Jika dia bisa membawa Negara ini kearah lebih baik dan mensejahterakan seluruh masyarakatnya (bukan hanya masyarakat kelas atas) aku akan medukungnya. Tapi Presiden yang memiliki nama lengkap Susilo Bambang Yudhoyono ini, membuatku membuka mata bahwa tidak semua orang mampu menjadi pemimpin yang baik untuk Negara yang besar ini.

Catatan harian Dr. Dino ini membuatku benar-benar membuka mata bahwa kita memang tidak boleh menilai orang hanya dari luarnya. Begitupun saat kita menilai sang Presiden yang semakin hari kantung matanya semakin membesar itu (menurut buku ini, waktu istirahat presiden sangat sedikit tapi tak pernah sekalipun Dr. Dino atau Andi Malarangeng melihat Presiden SBY tertidur atau mengantuk saat sedang rapat), karma kita tak pernah tau apa yang benar-benar telah dia lakukan dari belakang meja dikantornya untuk bangsa Indonesia ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s